Cara Memperpanjang Umur Log Zimbra

Cara Memperpanjang Umur Log Zimbra – Assalamualaikum, pada artikel berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara memperpanjang umur log zimbra.

Mengapa perlu memperpanjang umur log zimbra?

Karena pada konfigurasi default-nya zimbra hanya menyimpan log selama 5 hari dan akan di rotate atau dihapus log-log yang sebelumnya apabila sudah melebihi dari 5 hari.

Bagaiamana cara memperpanjangnya?

Terkadang sebagai sys admin kita membutuhkan log yang disimpan lebih lama agar lebih mudah melakukan trace log sesuai dengan waktu yang dibutuhkan, namun pastikan kembali storage anda jangan sampai dengan memperpanjang log tersebut menyebabkan disk penuh.

  • Buka file /etc/logrotate.d/zimbra, maka akan tampil seperti berikut :

Note: perhatikan pada file diatas, apabila kita ingin memperpanjang umur log, pastikan pada setiap baris rotate diubah sesuai kebutuhan kalian.

Contohnya seperti berikut :

Pada contoh diatas, kita akan memperpanjang log zimbra.log menjadi 14 hari yang sebelumnya hanya 5 hari.

Setelah perubahan dilakukan, jangan lupa untuk save perubahan konfigurasinya dengan cara tekan [Esc] + : + wq pada keyboard. Kemudian testing hingga beberapa hari pada saat ini seharusnya log zimbra.log akan disimpan atau tertahan di server zimbra selama 14 hari (dua minggu) dan akan dihapus secara otomatis apabila ada log zimbra yang terbaru (rotate).

Refrensi | Baca juga: Konfigurasi Bounceback Ketika Over Quota Zimbra

Semoga bermanfaat & enjoy. Wassalamualaikum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*