Konfigurasi Auto BCC di Zimbra

Konfigurasi Auto BCC di Zimbra – Assalamualaikum, pada umumnya setiap perusahaan memerlukan audit pada sistem email mereka, agar dapat memantau transaksi email yang dilakukan oleh karyawannya.

Zimbra menyediakan fitur Archiving, dimana fitur Archiving tersebut berfungsi menduplikasi email, baik email yang masuk ataupun email keluar guna keperluan audit.

Sayangnya fitur tersebut hanya terdapat di Zimbra Network Edition (License), nah bagaimana untuk pengguna Zimbra Open Source Edition (No License) untuk mensiasati fitur tersebut? Yap benar, kita bisa memanfaatkan fitur Auto BCC.

Auto BCC sendiri merupakan kepanjangan dari blind carbon copy. Bcc dapat digunakan untuk mengirimkan email tembusan sama halnya dengan cc.

Namun bedanya, jika menggunakan cc orang penerima utama yang tertulis di “to” akan mengetahui kepada siapa saja email ditembuskan, sedangkan jika menggunakan bcc, maka penerima di kolom “to” tidak akan mengetahui kepada siapa saja email tersebut dikirimkan atau ditembuskan, Sumber.

Lalu bagaimana cara konfigurasi-nya? Berikut cara-nya :

  • Akses ke server Zimbra menggunakan CLI
  • Buka file berikut /opt/zimbra/common/conf/main.cf
  • Tambahkan baris berikut pada bagian paling bawah

Note : user audit@rizkiana.id ialah user yang akan digunakan untuk audit email, dimana semua user yang melakukan kirim dan terima email, maka email tersebut akan diduplikasikan ke user audit@rizkiana.id

  • Simpan konfigurasi dan restart service zimbra

Saat ini semua transaksi email akan diduplikasikan ke audit@rizkiana.id

Baca juga: Mengatasi Error: Backup Notification, Backup Server Customizations failed Zimbra 8.8.8

Semoga bermanfaat & enjoy, wassalamualaikum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*