Mengatasi Original IP tidak muncul di log Zimbra

Mengatasi Original IP tidak muncul di log Zimbra – Assalamualaikum, beberapa akhir hari ini salah satu klien kami menginformasikan banyaknya user yang akunnya ter-lockout.

Account ter-lockout ini biasanya terjadi dikarenakan seorang administrator email mengaktifkan fitur Failed Login Policy yang berada di Class of Service zimbra.

Baca juga: Mengaktifkan Failed Login Policy di Zimbra

Untuk mengatasi original IP yang tidak muncul di log zimbra dapat mengikuti beberapa langkah berikut :

  • X-Originating-IP support for nginx or other fronting proxy, pastikan konfigurasi zimbra_http_originating_ip_header sudah seperti ini :
  • Untuk menggunakan fitur ini, kalian harus menentukan zimbraMailTrustedIP dari proxy nginx internal, sehingga mailstore akan mengambil data pada IP yang berasal dari traffik HTTP. Secara default, zimbraMailTrustedIP ialah kosong, lakukan pengecekan untuk memastikannya
  • Harap perhatikan di sini juga, jika kalian menggunakan zimbra single server, kalian perlu menambahkan 127.0.0.1 dan IP server zimbra pada konfigurasi zimbraMailTrustedIP
  • Lakukan pengecekan hasil dari command yang sudah kita jalankan sebelumnya
  • Lakukan restart service mailbox zimbra agar konfigurasi tersebut dapat bekerja
  • pada log /opt/zimbra/mailbox.log, Anda akan melihat “oip” (Original IP Address) untuk IP klien sebenarnya

Untuk konfigurasi pada zimbra multi server (multi architecture) akan dibuatkan artikel terpisah ya agar tidak membingungkan hehe ๐Ÿ˜€

Refrensi | Baca juga: Konfigurasi Send Email Local Only di Zimbra

Semoga bermanfaat & enjoy. Wassalamualaikum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*