Mengatasi postfix: fatal: chdir(/opt/zimbra/postfix/sbin): No such file or directory Zimbra

Mengatasi postfix: fatal: chdir(/opt/zimbra/postfix/sbin): No such file or directory Zimbra – Assalamualaikum, setelah melakukan upgrade versi Zimbra dari yang sebelumnya versi 8.6.0 Patch 14 ke versi 8.8.12

Kami menemukan kendala pada server Zimbra MTA dimana service MTA tidak bisa running dan ketika melakukan restart service kami mendapatkan error postfix: fatal: chdir(/opt/zimbra/postfix/sbin): No such file or directory

Dan kami mendapatkan informasi seperti ini dari file zimbra.log yang berada pada direktori /var/log

Jika dilihat dari log tersebut, file atau direktori /opt/zimbra/postfix/sbin tidak ada atau tidak tersedia.

Akhirnya kami memutuskan untuk Googling dan menemukan sebuah kalimat berikut After all MTA nodes are upgraded to ZCS 8.7, the following commands must be run to fix the default globalconfig values.

  • Berikut ialah command yang dimaksud untuk mengatasi issue tersebut
  • Kemudian lakukan restart service Zimbra untuk memastikan command ini dapat bekerja.

Alhamdulillah service Zimbra MTA saat ini sudah dapat berjalan dengan baik dan testing pengiriman atau penerimaan email-pun dapat berjalan dengan lancar.

Untuk yang mengalami hal serupa ketka melakukan upgrade versi Zimbra dari versi 8.6.0 menjadi 8.7.11 ataupun 8.8.12, mungkin artikel ini bisa dijadikan refrensi, untuk meminimalisir terjadinya issue yang serupa seperti yang kita alami hehe

Refrensi | Baca juga : Mengatasi WARN: Problem Parsing XML – Fatal Error Zimbra

Semoga bermanfaat & enjoy. Wassalamualaikum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*