Mengatasi Red X di Zimbra Admin Console

Mengatasi Red X di Zimbra Admin Console – Assalamualaikum, jadi disalah satu klien kami menginfokan kalo Server Status yang ada di menu Monitor pada Zimbra Admin Console-nya berwarna merah (Red X) atau not running.

Setelah kami lakukan pengecekan menggunakan akses remote langsung ke server (ssh), ternyata semua service zimbra dalam keadaan berjalan dengan baik (running).

Yang ada dipikiran kami pertama kali ketika melihat error tersebut ialah adanya masalah dengan logger server zimbra, kami juga sudah menjalankan beberapa action yang diinformasikan oleh wiki zimbra yang ada pada LINK ini, namun belum berhasil juga.

Dugaan berikutnya ialah ada issue rsyslog pada sisi OS, berikut ialah konfigurasi yang kami lakukan utnuk mengatasi Red X di Zimbra Admin Console .

  • Buka file rsyslog.conf yang berada pada direktori /etc
  • Disable line berikut, pastikan backup untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan
  • Pada line ke 40, rubah status OmitLocalLogging dari on ke off
  • Stop rsyslogd dan hapus file imjournal.state dari direktori /var/lib/rsyslog
  • Start service rsyslog kembali untuk memastikan service rsyslog sudah berjalan kembali
  • Dan alhamdulliah semua service zimbra yang berada di Zimbra Admin Console saat ini sudah hijau kembali (Running).
Server Status Zimbra Admin Console
Server Status Zimbra Admin Console

Refrensi | Baca juga : Mengatasi Null Pada Disclaimer Zimbra

Semoga bermanfaat & enjoy. Wassalamualaikum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*