Mengatasi Email Tidak Terima di Zimbra

Mengatasi Email Tidak Terima di Zimbra – Assalamualaikum, hari ini nemu kasus dimana user tidak bisa terima email dari internal ataupun eksternal.

Setelah dicek menggunakan zmmsgtrace pada log berbeda, email berhasil sent dan sedikit panik kenapa email tidak kunjung sampai hehe

Setelah dilakukan pengecekan lebih lanjut kami menemukan ada hal yang janggal pada user tersebut, dimana atribute zimbraPrefMailLocalDeliveryDisabled bernilai TRUE, yang mana menyebabkan email-email dari lokal (domain yang sama) tidak bisa sampai.

Setelah melihat atribute diatas, diduga password user sudah berhasil ketahuan oleh spammer dan mengubah beberapa konfigurasi yang ada. Pada saat pengecekan spammer sudah menambhkan forward a copy to & pada bagian Remove local copy of message sudah dalam keadaan terceklist, dimana konfigurasi akan berdampak pada user tersebut emailnya akan di diforward ke alamat info@mail.com dan email yang ada dilocal akan dihapus.

Untuk mudahnya mengecek atribute tersebut dapat melihat di menu Preferences – Mail dan pastikan pada bagian Remove local copy of message dalam keadaan tidak terceklist agar email dapat diterima.

Mengatasi Email Tidak Terima di Zimbra
Preferences Zimbra

Maka saat ini user sudah bisa menerima email kembali.

Baca juga : Mengatasi Prism Mozilla Labs Pada Zimbra Desktop

Semoga bermanfaat & enjoy, wassalamualaikum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*