Mengatasi Tidak Percaya Diri Ketika Presentasi

Mengatasi Tidak Percaya Diri Ketika Presentasi – Assalamualaikum, sudah beberapa hari ini tidak menyempatkan nulis padahal targetnya setiap hari nulis hehe 😁

Dikarenakan kesibukan yang akhir-akhir ini cukup menguras waktu, tenaga, dan pikiran (seperti orang sibuk saja).

Jadi beberapa hari belakangan ini dapet tugas untuk presentasi memaparkan sesuatu di materi yang sudah dibuat sebelumnya oleh Tim.

Dikarenakan saya pribadi ialah orang yang cenderung tidak memiliki tingkat percaya diri yang cukup baik pun akhirnya merasa sedikit panik dikarenakan belum memiliki pengalaman yang cukup baik sebagai pemateri ditambah materi yang dipaparkan harus kita kuasai semuanya secara tidak langsung, dikarenakan tidak mungkin seorang pemateri mempresentasikan sesuatu yang tidak dikuasainya.

Akhirnya beberapa hari ini pun mencoba untuk melatih presentasi ketika sedang sendirian dan pastinya memahami semua materi yang sudah dibuat sebelumnya.

Hingga saat waktunya tiba pun, tingkat kepercayaan diri dirasa sudah cukup menurut saya, namun kendala baru datang lagi, yaitu demam panggung dimana perasaan tidak tenang dan jantung berdetak tidak normal (apakah ini pertanda cinta? Hehehe)

Sebenernya presentasi ini mirip dengan sidang skripsi yang pernah saya lalui beberapa tahun yang silam (padahal baru 2 tahun 😁), namun mungkin karena pengalaman untuk presentasi ini yang saya masih kurang jam terbangnya.

Presentasi pun dimulai dan berjalan dengan baik dan setiap pertanyaan yang dilontarkan oleh audience pun alhamdulillah dapat dijawab (mudah2an ga salah jawabannya).

Ada beberapa tips berikut dari saya yang mungkin dapat memudahkan kita atau meningkatkan percaya diri kita ketika melakukan presentasi, diantaranya sebagai berikut :

  • Berdoa sebelum melakukan presentasi (wajib hukumnya).
  • Pahami isi materi yang sudah dibuat (wajib hukumnya), dikarenakan jika kita tidak menguasai isi materi tersebut, maka akan sangat fatal sekali apabila audience memberikan pertanyaan kepada kita.
  • Apabila presentasi dilakukan berdiri, pegang sebuah alat yang setidaknya dapat dijadikan acuan untuk percaya diri/menghilangkan gugup(bisa bolpoint atau apapun itu, umumnya bolpoint). Ini pernah diajarkan oleh guru SD saya dan cukup berjalan dengan baik, meskipun tidak ada hubungannya terkait presentasi tersebut.
  • Bersikaplah tenang (jangan gerasa gerusu) meskipun kita sedang gugup, karena audience tidak akan nyaman apabila melihat kita gugup dan akan dinilai tidak professional.
  • Jadilah pendengar yang baik, setelah semua isi materi sudah kita sampaikan, umumnya akan ada sesi tanya jawab, apa hubungannya? Kita harus menjadi pendengar yang baik, pendengar baik yang dimaksud adalag tidak memotong pembicaraan audience, karena audience akan merasa dihormati dan nyaman apabila kita menjadi pendengar yang baik.
  • Terakhir, catat setiap pertanyaan yang ditanyakan oleh audience sebagai record dan bahan pembelajaran kita berikutnya.

Mungkin itu saja yang bisa saya share terkait tidak percaya diri ketika presentasi. Jika kalian ada tambahan atau masukan bisa langsung komen dibawah ya.😊

Semoga bermanfaat & enjoy, wassalamualaikum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*