Original IP tidak muncul di log Zimbra Multi Server

Original IP tidak muncul di log Zimbra Multi Server – Assalamualaikum, melanjuti artikel yang sebelumnya, yaitu Mengatasi Original IP tidak muncul di log Zimbra .

Pada artikel sebelumnya dilakukan untuk kondisi zimbra single server, bagaimana konfigurasinya apabila menggunakan zimbra multi server (multi architecture) ?

Berikut ialah caranya :

  • X-Originating-IP support for nginx or other fronting proxy, pastikan konfigurasi zimbra_http_originating_ip_header sudah seperti ini :
  • Untuk menggunakan fitur ini, kalian harus menentukan zimbraMailTrustedIP dari proxy nginx internal, sehingga mailstore akan mengambil data pada IP yang berasal dari traffik HTTP. Secara default, zimbraMailTrustedIP ialah kosong, lakukan pengecekan untuk memastikannya
  • Perbedaannya dimulai dari sini, apabila menggunakan zimbra single server, kalian perlu menambahkan 127.0.0.1 dan IP server zimbra pada konfigurasi zimbraMailTrustedIP, maka jika kalian menggunakan zimbra multi server (multi architecture) kalian tidak perlu menambahkan localhost (127.0.0.1), cukup memasukan IP server zimbra proxy, misalkan kalian memiliki 2 server zimbra proxy, maka kedua ip tersebut yang perlu kalian inputkan

Note : 192.168.1.102 & 192.168.1.103 adalah IP server zimbra proxy 1 & 2, disini saya menggunakan 2 buah server zimbra proxy.

  • Lakukan pengecekan hasil dari command yang sudah kita jalankan sebelumnya
  • Lakukan restart service mailbox zimbra agar konfigurasi tersebut dapat bekerja
  • pada log /opt/zimbra/mailbox.log, Anda akan melihat “oip” (Original IP Address) untuk IP klien sebenarnya

Refrensi | Baca juga: Mengaktifkan Failed Login Policy di Zimbra

Semoga bermanfaat & enjoy. Wassalamualaikum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*